Bila sebelumnya sempat membahas terkait jasa digital marketing alias jasa pemasaran digital, sempat juga disinggung terkait jasa advertising atau jasa periklanan. Nah, apa itu jasa advertising dan fungsinya bagi perusahaan Anda?
Sebelum membahas tentang fungsi jasa advertising, akan lebih baik bila mengetahui apa sebenarnya jasa advertising ini. Periklanan adalah kerja dengan memberikan pesan persuasif, baik berupa gambar, tulisan, video, audio, dan sebagainya melalui media massa, atau sosial media dan media lainnya.
Lewat jasa periklanan, maka suatu produk atau brand akan mencoba melakukan berbagai cara, seperti mendramatisasi produk, mengandalkan keindahan fotografi, lukisan, atau kalimat yang persuasif untuk mencari calon pelanggan yang baru.
Karena itulah, advertising tidak sekedar “pemberitahuan” saja. Tapi ada banyak hal yang dipertimbangkan, mulai dari estetika, daya tarik, kesesuaian dengan tempat, dan sebagainya. Karena iklan memang tidak hanya ditujukan sebagai “pemberitahuan” adanya produk baru. Tapi, ditujukan untuk menarik perhatian konsumen agar percaya dan ingin membeli atau menggunakan produk yang diiklankan.
Apa saja yang dilakukan oleh jasa advertising Jakarta? Bisa dimudahkan bahwa yang dilakukan oleh jasa advertising ini adalah 3M; memberitahu, menggoda, dan meyakinkan. Dan tentunya untuk membantu pemasaran produk/jasa para konsumen yang menggunakan jasanya.
Memberi tahu berarti memberikan informasi tentang suatu produk, atau jasa. Lewat pemberian informasi tersebut, iklan ditujukan untuk menyadarkan konsumen bahwa produk tersebut memang mereka butuhkan.
Kedua, menggoda. Alias menimbulkan rasa suka. Tentunya, kalau hanya “diberi tahu” belum tentu konsumen akan beralih ke suatu produk. Tapi, kalau sudah “suka”, tentunya ada rasa tertarik untuk mencoba, atau memiliki dari calon konsumen yang tepat.
Sedangkan meyakinkan, adalah tugas yang paling berat di antara ketiganya. Lewat iklan, konsumen mesti diyakinkan bahwa produk tersebut lebih baik, lebih murah, dan lebih berkualitas ketimbang kompetitornya.
Nah, untuk bisa mencapai ketiganya, maka diperlukan sebuah proses kerja yang cukup panjang. Inilah yang dikerjakan oleh agensi periklanan tersebut. Dimulai dari merancang dan membuat iklan tersebut semenarik mungkin, hingga menyebarkannya ke berbagai media.
Menariknya, desain iklan baik berupa video, foto, pesan, audio, dan sebagainya itu, akan diberikan dulu kepada perusahaan yang memesan sebelum disetujui untuk dilempar ke publik. Lewat periklanan, tentunya sebuah perusahaan atau brand bisa bertambah besar dan bertumbuh, karena jangkauannya terus meluas.
Jadi, menjawab premis utama artikel ini, apa sebenarnya fungsi periklanan bagi perusahaan? Seperti sempat disinggung sebelumnya, fungsi pertama adalah memberitahukan pada khalayak bahwa ada suatu brand, produk, atau individu yang perlu diperkenalkan. Masih di fungsi pertama, juga mesti diberitahu informasi terkait produk, brand, atau individu tersebut.
Fungsi kedua, untuk menimbulkan rasa suka atau tertarik dari khalayak ke produk yang dimaksud. Tentunya lewat pendekatan estetika, artistik, dan hal-hal lain yang bersifat persuasif. Terakhir, fungsi ketiga yakni untuk meyakinkan kostumer untuk membeli atau menggunakan produk/jasa yang dipromosikan.
1 Comment
[…] salah satu produknya adalah videotron. Untuk sewa videotron di Jakarta, anda bisa menghubungi kami jasa advertising Jakarta di Mulia PR dan dapatkan harga penawaran terbaik untuk produk advertising berupa videotron […]