Salah satu badan atau agensi yang sangat dibutuhkan oleh brand, atau perusahaan ialah agensi periklanan. Di Jakarta, agensi periklanan Jakarta juga cukup banyak dan bisa dipilih sesuai kebutuhan Anda.
Apa sebenarnya agency periklanan Jakarta dan apa saja lingkup kerjanya? Sesuai dengan namannya, agensi satu ini punya tugas mengatur dan mempromosikan brand, produk dan sebagainya. Agensi periklanan atau advertising agency merupakan satu bidang jasa yang bergerak di bidang periklanan.
Dengan kata lain, agensi satu ini memulai kerjanya dengan mengikuti apa yang diinginkan dan disetujui oleh kliennya. Dari persetujuan tersebut, agency periklanan akan melakukan analisis awal.
Analisis tersebut antara lain target pasar, sasaran market, dan tempat beriklan yang paling tepat. Tidak hanya brand atau organisasi, tapi individu tertentu juga membutuhkan agensi ini. Seperti para politikus yang ingin meningkatkan elektabilitasnya, dan selebriti yang ingin memperluas jangkauannya.
Bagian itu disebut sebagai pelayanan perencanaan. Ini merupakan tahap pertama dari kerja agensi periklanan.
Apalagi tahapan berikutnya? Berikutnya adalah pelayanan kreatif. Dalam pelayanan ini, agensi dengan timnya akan mempersiapkan bahan, seperti tulisan, gambar, video, dan audio yang ditujukan untuk campaign brand yang bersangkutan.
Tentunya, untuk pelayanan kreatif ini, agensi akan diperkuat dengan orang-orang terbaik di bidangnya. Baik videografer, fotografer, penulis, pembuat infografis, musisi, dan sebagainya. Bila perlu, apabila brand juga membutuhkan sosok yang populer untuk menjadi semacam ambassador bagi brand tersebut, agensi ini juga yang akan melakukan pendekatan, dan perencanaan.
Termasuk juga bila promosi akan dilakukan di media massa. Tentunya agensi periklanan mesti memiliki hubungan yang baik dengan media.
Tahapan ketiga adalah pemesanan media. Di tahapan ini, pihak agensi akan menghubungi media yang tepat untuk mempromosikan materi yang sudah disiapkan. Bisa juga melalui media sosial dengan promosi berbayar, baik di YouTube, Twitter, Instagram, hingga Facebook. Selain hanya menunggu hasil dari promosi tersebut, agensi biasanya akan memberikan pelayanan konsultasi komunikasi pemasaran produk atau menaikkan reputasi branding Anda.
Ini termasuk dalam tugas dari agensi periklanan Jakarta. Tidak hanya mempromosikan atau mengiklankan, tapi agensi tersebut mesti memberikan nasihat, saran, serta sosialisasi untuk mencapai target yang diinginkan.
Kesimpulan
Jadi, secara umum bisa digarisbawahi bahwa kerja agensi periklanan dimulai dari meeting dengan klien untuk mendapatkan apa yang diinginkan oleh klien, beserta apa saja yang mesti dicapai. Lewat persetujuan antara kedua pihak, maka berdasarkan itu, pihak agensi akan memulai pekerjaan dalam berbagai tahap, antara lain:
- Analisis dan perencanaan
- Pelayanan kreatif (pembuatan materi iklan dan promosi)
- Pemesanan tempat iklan di media
Selain tiga tahapan kerja tersebut, agency periklanan tentunya juga akan melayani dan memberikan saran apabila klien membutuhkan. Agensi juga akan memberikan jasa konsultasi untuk setiap perusahaan agar bisa mencapai target yang diinginkan.