Apakah Anda pernah melihat aplikasi atau website kompetitor Anda dimuat di media nasional besar Indonesia. Katakanlah, misalnya dimuat di Kompas, Detik, Tribun, Liputan6, dan sebagainya. Apa yang Anda pikirkan setelah melihat itu?
Perlu diketahui bahwa banyak pemilik bisnis, brand, atau produk yang ingin dimuat di media besar Indonesia. Karena itu, jasa media placement menjadi yang paling dicari oleh para pengusaha. Sebab, dengan media placement, maka kepercayaan dari calon pelanggan akan meningkat, trafik ke website juga meningkat, hasilnya konversi ke pembelian juga semakin meningkat.
Konversi adalah berapa persen dari calon kostumer yang akhirnya membeli produk, menginstal aplikasi, dan bentuk action lainnya. Awalnya, peningkatan trafik ditujukan untuk meningkatkan berapa jumlah orang yang berkunjung ke website Anda. Dari seluruh trafik tersebut, akan ada berapa persen pengunjung yang tertarik dan mempelajari produk. Nah, dari jumlah pengunjung yang tertarik itulah aka nada konversi.
Tujuan utama dari jasa media placement adalah untuk meningkatkan brand awareness. Hal tersebut dianggap sangat efektif untuk meningkatkan penjualan. Dan, media online news terbesar di Indonesia bisa menjadi pilihan yang terbaik.
Selain meningkatkan kepercayaan pelanggan (customer trust) terhadap brand Anda, media placement juga menjadi salah satu cara branding untuk memperkuat identitas brand Anda. Maksudnya, identitas Anda menjadi beda dengan kompetitor dan bisa menyasar segmen pasar yang tepat. Hal itu akan berdampak pada reputasi baik brand Anda.
Sebagai contoh, ketika sebuah brand televisi layar datar baru dengan merek Cocca asal Tiongkok pertama kali diluncurkan, perusahaan tersebut memberikan diskon dan promo gila-gilaan untuk produk mereka. Salah satu produk televisi mereka dengan ukuran 24 inch dijual hanya dengan harga Rp800 ribuan. Harga itu bahkan separuh dari harga televisi seukuran sama dari brand ternama.
Namun, ketika akan membelinya, pelanggan tentunya akan bertanya-tanya tentang brand tersebut. Kemana para calon customer tersebut akan bertanya? Tentunya ke Google, bukan?
Dari hasil searching di Google, keluar hasil pencarian yang berasal dari media-media besar Indonesia. Setelah membaca berita-berita dan review positif terkait brand baru tersebut, maka promo dan diskon dari brand tersebut berhasil menggaet pembeli hingga jutaan orang di Indonesia. Hasilnya, brand tersebut dianggap sebagai pemain baru yang siap bersaing dengan brand yang sudah lebih dulu merajai pasar televisi di Indonesia.
Bisa Anda lihat dari cerita tersebut, seberapa kuat kekuatan media untuk branding? Karena itu, jasa media placement bisa Anda lirik.
Ada beberapa tips lagi yang bisa Anda pertimbangkan sebelum meminta jasa media placement. Tentunya, jasa media placement bisa diminta bekerja sesuai permintaan klien. Karena itu, Anda bisa request untuk dimuat di media mana saja sesuai dengan budget Anda.
Salah satu yang bisa Anda pertimbangkan adalah memilih media yang paling tepat dengan niche Anda. Tentunya, Anda bisa memilih sejumlah media dengan niche umum seperti Kompas, Liputan6, Detik, Tribun dan sebagainya. Tapi, juga akan sangat tepat ketika Anda memilih media dengan niche khusus dan sesuai dengan brand Anda.
Misalnya, Anda bisa mencari situs berita khusus game, bila mempromosikan aplikasi game. Atau, Anda bisa juga mempromosikan produk khusus pertanian di situs berita khusus pertanian. Dan begitu juga seterusnya. Dengan demikian, trafik yang menuju situs Anda adalah kostumer potensial yang bisa meningkatkan penjualan produk Anda.