Setiap usaha, kegiatan, event, dan sebagainya tentunya ingin mencapai jangkauan yang lebih jauh agar kemungkinan mendapat pelanggan atau pengunjung bisa lebih besar. Karena itu, diperlukan jasa press release untuk mendukungnya.
Sebenarnya, bagaimana bentuk bantuan dari jasa press release untuk usaha atau acara Anda? Secara singkat bisa kita artikan bahwa press release atau siaran pers ialah materi promosi berisi informasi terkait kegiatan, acara, organisasi, aktivitas, dan sebagainya ke media massa. Sedangkan jasa press release diartikan sebagai jasa yang membantu kelompok, perusahaan, event organizer hingga individu untuk membuat siaran pers dan menyebarkan (atau menyiarkannya) ke khalayak lewat media massa.
Tentunya, hal yang memunculkan pertanyaan bagi para pemilik usaha, acara, atau kegiatan tersebut. Bagaimana caranya agar ada yang menuliskan materi promosi terkait acara mereka, serta menyebarkannya ke berbagai media massa, baik daring, hingga cetak?
Katakanlah seorang musisi merilis single atau album. Tentunya, agar lebih banyak pembelinya, musisi tersebut akan menyiarkannya melalui media sosialnya. Hanya saja, untuk menggapai lebih banyak jangkauannya, musisi tersebut juga akan memanfaatkan sejumlah media, baik cetak maupun online untuk meningkatkan kemungkinan pembeli atau pendengar lagunya.
Namun, musisi tersebut tidak ingin capek-capek membuat berita informasi alias siaran pers yang nantinya akan dibagikan ke sejumlah media. Katakanlah ada 10 media yang akan memuat berita itu, berarti ada sekitar 10 berita berbeda yang mesti ditulis, bukan?
Katakanlah, musisi tersebut bisa menulis 10 tulisan untuk promosi tersebut. Masalahnya, kemana ia harus mengirimnya? Karena itu, musisi dan timnya akan mencari alamat email atau kontak dari 10 media berbeda untuk memuat siaran pers tersebut.
Nah, dengan jasa pers release, Anda bisa menghemat waktu dan tenaga. Ada tim yang akan menuliskan berita sebanyak yang dibutuhkan, serta mengirimkannya untuk dimuat di sejumlah media. Jadinya, album yang dirilis oleh musisi tersebut akan dimuat dan menyentuh pendengar yang relevan.
Atau, bila disimpulkan, yang akan Anda dapatkan dari jasa pers release adalah sebagai berikut:
- Jasa penulisan artikel siaran pers sesuai jumlah yang dibutuhkan
- Jasa pengiriman artikel tersebut ke media yang relevan
- Jasa analisa kemungkinan pasar potensial dan media yang tepat
- Jasa promosi, publikasi, dan sebagainya
Dan tujuan dari jasa tersebut tentunya bisa menyentuh banyak pembaca atau pelanggan potensial bagi usaha Anda.
Sebagai contoh, misalnya seorang musisi seperti yang dicontohkan di atas. Tentunya, artikel atau berita yang dibuat mesti menyentuh atau mencapai orang-orang yang relevan. Dengan demikian, artikel tersebut akan dipublikasikan di media tentang musik, seni, atau hiburan. Jadinya, pembaca dari media tersebut ialah orang-orang yang potensial untuk mendengarkan atau membeli single/album tersebut.
Tentunya, penyedia jasa ini juga menyiapkan para analis yang tahu dengan pasti di media mana yang paling tepat untuk publikasi. Seperti tentang musik tadi, akan kurang tepat bila dipublikasikan di media yang khusus membahas pertanian misalnya. Jadi, memilih jasa yang tepat tentunya akan membantu promosi Anda lebih tepat sasaran.
Seperti itu kurang lebih kerjanya. Jadi, Anda bisa memanfaatkan jasa perss release untuk mendapatkan kemudahan melakukan pengumuman, pemasaran, pemberitahuan, dan sebagainya terkait produk atau acara yang akan Anda buat. Tertarik untuk menggunakan jasa yang satu ini?